Berbagai manfaat yang kita berikan kepada anak dalam pendidikan paud dan taman kanak-kanak yag sanagt berguna untuk pendidikan anak usia dini. Adwin akan berikan fungsi dan manfaatnya jika main tebak-tebakan. Sebagai contohnya tebakan unik dan mendidik seerti berikut.
”Binatang yang tubuhnya paling besar?” tanya saya

”Dinosaurus,” jawab Nera.

”Gajah,” jawab Zaka

”Beruang,” jawab Keila.

”Yang benar, Nera. Dapat nilai 10.”

”Hore!” teriak Nera senang.

Manfaat Bermain Tebak Tebakan Untuk Pendidiakan Anak

Demikianlah suasana main tebak-tebakan bagi anak-anak. Selalu ramai, antusias  dan bikin penasaran. Ekspresi merenung, berpikir, kemudian berteriak menyebutkan jawaban selalu mengiringi kegiatan ini. Jika jawaban senang, maka anak-anak akan berteriak senang.

Main tebak tebakan lucu pun menjadi salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Kita sebagai orang tua harus bisa memanfaatkan momen ini. Ajaklah anak-anak berkumpul santai. Dan berikan pertanyaan-pertanyaan kreatif pada anak yang lucu, pertanyaan yang bisa membuat anak-anak berkompetisi dalam berpikir untuk menemukan jawabannya. Pasti asyik dan ramai. Anak-anak suka.

Di sinilah, tampak bermain tebak-tebakan tidak hanya soal senang-senang. Tetapi lebih dari itu bermain tebak tebakan memberikan manfaat penting bagi anak-anak dan orang tua. Manfaat main tebak-tebakan dapat diidentifikasi sebagai berikut.

Pertama
Melekatkan hubungan anak denga orang tua. Saat bermain tebak-tebakan, anak-anak pasti akan merangsek ke orang tua. Anak-anak akan memperhatikan orang tua dengan rasa senang. Kenyataan ini akan membuat anak-anak memiliki ikatan emosional yang kuat. Anak-anak akan merasa orang tuanya asyik dan bisa jadi sahabat. Ingin akan membuat anak-anak senang dan lekat pada orang tua.

Kedua
Membuat anak-anak dan orang tua bersuka cita. Dengan menambahkan kata bijak menjadi salah satu tujuan utama bermain tebak-tebakan adalah untuk bergembira. Tidak heran, saat anak-anak bermain mereka semuanya bersuka cita merayakan rasa penasaran, berpikir dan hasil jawaban. Yang bisa menjawab akan tertawa senang dan riang. Yang jawabannya salah akan menimbulkan rasa penasaran untuk terus bisa berpikir keras agar jawabannya benar. Suasana senang pun menjadi pemandangan utama dalam kegiatan ini.

Ketiga
Mencerdaskan anak-anak. Dalam bermain tebak-tebakan akan selalu ada pertanyaan. Pertanyaan yang akan membuat anak-anak memberdayakan pikiran dan pengalamannya untuk bisa menemukan jawabannya. Di sinilah, pikiran dan pengalaman diajak untuk bekerja ekstra sehingga akan semakin berkembang kecerdasannya. Hasilnya adalah jawaban-jawaban yang mencerminkan sistem kecerdasan anak. Jika ini dilakukan maka akan banyak pengetahuan yang didapat oleh anak-anak sehingga anak-anak pun semakin cerdas.

Keempat
Membangun hubungan harmonis anak dengan orang tua. Jika permainan tebak-tebakan dilakukan terus menerus, maka akan tercipta hubungan harmonis anak dengan orang tuanya. Anak akan kecanduan untuk terus bermain tebak-tebakan karena senang. Lama-kelamaan anak-anak yang semakin bertambah sayang pada orang tuanya, begitu juga sebaliknya, orang tua semakin sayang dengan anak.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi belajar anak yang bisa di intall di google play store sebagai suatu sarana pendukung untuk meningkatkan daya kecerdasan anak.

Dengan manfaat yang menakjubkan ini, bermain tebak tebakan yang sederhana, tetapi banyak manfaatnya ini, bisa menjadi suatu pilihan penting orang tua dalam bermain bersama anak-anak. Bermain yang menyenangkan dan bisa memberikan banyak menfaat bagi anak-anak dan orang tua.

Bagaimana dengan anda yang senang bermain tebak tebakan untuk kalangan remaja dan orang dewasa? Anda bisa melihat tebak tebakan 2020 yang telah saya berikan pada artikel blog lain.

Sumber:
https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/manfaat-main-tebak-tebakan-58